RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: Unesa
|
Mata Pelajaran
|
: S1/ Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: A/3
|
Alokasi Waktu
|
: 4 X 50 menit ( 2 pertemuan)
|
A.
Standar Kompetensi
Menulis
Mampu
menentukan kualitas buku teks yang baik
B.
Kompetensi Dasar
Memerikan penilaian kualitas buku
teks yang baik
C.
Indikator
Kognitif
1. Memahami karakteristik kualitas buku
teks yang baik
2. Menilai buku teks dengan
karakteristik kualitas buku teks dari para ahli.
Psikomotor
3.
Menarasikan alasan pemerian nilai
kualitas buku teks
Afektif
·
Perilaku
Berkarakter
1.
mematuhi aturan dalam bergiliran saat berbicara dan bertindak
2.
menunjukkan tata krama saat mendengarkan orang lain
3. selalu
mencoba untuk melakukan yang terbaik
4. bekerja
sama dengan teman
·
Keterampilan
Sosial
1.
menyampaikan pendapat
2. menjadi
pendengar yang baik
3.
mengajukan pertanyaan
4. melakukan kerja sama
D. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
1.
Diberikan kesempatan untuk menilai
kualitas sebuah buku teks, mahasiswa dapat menarasikan penilaiannya dengan baik.
2. Memerikan alasan penilaian di setiap
karakteristik penilaian kualitas buku teks secara tepat.
Psikomotor
3. Diberikan kesempatan bekerja dalam
kelompok, mahasiswa dapat menarasikan alasan pemerian penilaian kualitas buku
teks dengan tepat
Afektif
· Perilaku
Berkarakter
Diberikan kesempatan bekerja dalam
kelompok, mahasiswa dapat menunjukkan perilaku berkarakter, yang meliputi
mematuhi aturan dalam bergiliran saat berbicara dan bertindak; menunjukkan tata krama yang baik saat
mendengarkan orang lain; selalu mencoba untuk melakukan yang terbaik, dan
bekerja sama sesama teman dengan baik.
· Keterampilan
Sosial
Diberikan kesempatan bekerja dalam
kelompok, berdiskusi, dan berwawancara, mahasiswa dapat menunjukkan
keterampilan sosial, yang meliputi menyampaikan pendapat, menjadi pendengar,
mengajukan pertanyaan, serta melakukan kerja sama dengan baik.
E. Materi Pembelajaran
Penilaian kualitas suatu buku teks
pemelajaran
1.
Menilai kualitas buku teks
pemelajaran
-
Menyiapkan buku teks yang akan di
nilai
-
Menentukan buku teks yang akan di
nilai
-
Menentukan kriteria kualitas buku
teks pemelajaran
-
Melakukan penilaian terhadap buku
yang sudah ditentukan
-
Menarasikan kelebihan dan kekurangan
buku teks yang di nilai
¨ Mencatat identitas buku teks
¨ Menuliskan kelebihan
¨ Menyusun hasil penilaian
Hasil penilaian:
Identitas buku teks:
Nama
Pengarang :
Judul
Buku :
Tahun Terbit :
Kota
Penerbit :
Penerbit :
Penilaian
kualitas buku teks
Menurut Geene dan
Pety :
Menurut H. Guntur Tarigan :
Menurut PP
No.19/2005 :
2.
Memberikan alasan penilaian
·
Pada setiap point kriteria
Menurut Geene dan Pety :
Menurut H. Guntur Tarigan :
Menurut PP No.19/2005 :
Contoh:
Menurut
Geene dan Pety
a.
Buku teks tersebut harus menarik
minat anak anak, yaitu para mahasiswa yang mempergunakannya.
Alasannya :
Buku
tersebut sangat menarik karena didalamnya terdapat gambar-gambar ilustrasi yang
cukup menarik, serta desain grafisnya bagus.
b.
Buku tersebut mampu memberi motivasi
kepada para mahasiswa yang memakainya.
Alasannya:
Jika
anak membaca wacana yang terdapat di dalam buku teks, dengan begitu anak akan
termotivasi untuk menirukan apa yang dilakukan tokoh dalam wacana tersebut.
Karena pemilihan alur dan cara penyampaian pesannya sangat memotivasi.
3.
Memberikan penyimpulan terhadap
hasil penilaian buku
Menurut kriteria Geene dan Pety :
Menurut kriteria Tarigan :
Menurut kriteria PP No.19/2005 :
Contoh penyimpulan
Menurut
kriteria Geene dan Pety
Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan menurut kriteria
kriteria Geene dan Pety, disimpulkan bahwa buku teks Pemelajaran Bahasa dan
Sastra Indonesia SMA kelas X sudah dapat dikatakan memiliki kualitas tinggi.
Karena 8 dari 10 kriteria yang ditetapkan oleh kriteria Geene dan Pety
dinyatakan berkualitas tinggi.
Menurut
kriteria Tarigan
Berdasarkan hasil penilaian menurut kriteria kualitas buku
teks pemelajaran yang baik dari Tarigan, dinyatakan buku teks Pemelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kelas X memiliki kualitas cukup tinggi karena 7
dari 10 kriterianya baik dan berkualitas tinggi.
Menurut
kriteria PP No.19/2005
Berdasarkan hasil penilaian kualitas buku teks menurut
kriteria PP No.19/2005, buku teks Pemelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA
kelas X dinyatakan memiliki kualitas tinggi. Karena dari semua kriteria yang
ditetapkan semuanya menyatakan baik.
4.
Menuliskan kesimpulan secara
keseluran
Contoh kesimpulan
Dari
hasil penilaian dan penyimpulan dengan kriteria-kriteria yang digunakan, dengan
ini dinyataka bahwa buku teks
Pemelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kelas X memiliki kualitas tinggi.
Karena dari ketiga unsur penilaian menyatakan bahwa bukutersebut berkualitas
tinggi.
Namun,
jika dilihat dari segi salah satu kriteria penilaian kualitas buku teks
Pemelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kelas X yakni kriteria dalam
penyajian konsep ketiga panduan penilaian yang digunakan menyatakan tidak baik.
F.
Pendekatan/Metode/Model/Strategi
Pembelajaran
1.
Sintaks Pembelajaran:
a.
Fase 1: Orientasi pembelajaran
b.
Fase 2: Pemodelan
c.
Fase 3: Eksplorasi topik
d.
Fase 4: Analisis dan pemecahan masalah topik
e.
Fase 5: Pengomukasian hasil
f.
Fase 6: Evaluasi/refleksi
2.
Model Pembelajaran: Lapindo (Laporan
informasi berdasarkan observasi )
G. Sumber Belajar dan Media
- Buku telaah buku teks bahasa Indonesia, pengarang H. Guntur Tarigan. Angkasa.
- LCD dan Komputer
- Buku teks pemelajaran tingkat SMP, MTs, SMA, SMK.
- Pedoman penilaian kualitas buku teks
H. Penilaian
a.
Teknik : penugasan
b.
Bentuk instrumen : tugas proyek
c.
Soal /Instrumen : terlampir
d. Rubrik penilaian : terlampir
I. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan awal
a.
Dosen
melakukan apersepsi melalui tanya jawab dengan mahasiswa tentang tema
pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hari itu dan melanjutkannya dengan
menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar. (Fase 1)
b.
Dosen memberikan
wawasan tentang pentingnya kompetensi dasar (menilai kualitas buku teks) dalam evaluasi penyusunan buku teks pelajaran tingkat SMP, MTs,
SMA, SMK.
(Fase 1)
c.
Dosen
memotivasi mahamahasiswa
untuk dapat menilai kualitas buku teks
dan menyimpulkan hasil penilaian. (Fase 1)
d.
dosen mengaitkan tema pembelajaran hari itu dengan
kompetensi dasar yang harus dikuasai. (Fase 1)
2.
Kegiatan Inti
a.
Dosen membentuk kelompok mahasiswa
dengan anggota antara 4—5 orang dan meminta mahasiswa menyiapkan dan menentukan buku teks yang akan
di nilai (Fase 2)
b.
Mahasiswa diajak mendemontrasikan
kriteria-kriteria kualitas buku teks dari beberapa pandangan ahli. (Fase
2)
c.
Mahasiswa dan Dosen bertanya jawab
dan dan membandingkan beberapa pandangan ahli dalam kriteria kualitas buku teks
dan menentukan
kriteria-kriteria penilaian buku teks. (Fase 2)
d.
Dosen dan mahasiswa membahas
kriteria-kriteria dari beberapa ahli. Kemudian Dosen mendemonstrasikan cara melakukan
penilaian (pertama
pemberian alasan). (Fase 2)
e.
Dosen membagikan intrumen penilaian kedapa perwakilan kelompok.
(Fase 3)
f.
Mahasiswa dalam kelompok mengerjakan tugas proyek dengan menerima Lembar
kerja Mahasiswa
(berisi instrumen kriteria penilaian kualitas buku teks) dan instrumen soal/pertanyaan. (Fase 3)
g.
Secara berkelompok mahasiswa melakukan penilaian dengan
meggunakan intrumen yang sudah disiapkan oleh Dosen pada
instrumen pertama, (instrumen kedua dan ketiga di kerjakan di rumah) (Fase
3)
h.
Dosen mengecek hasil kerja kelompok
dan meminta kelompok menyimulasikannya dalam kelompok. (Fase 3)
- Kegiatan Akhir
a.
Mahasiswa mendapat tugas untuk melakukan
penilaian pada instrumen kedua dan ketiga pada buku teks yang sudah ditentukan.
(Fase 6)
b.
Mahasiswa dan Dosen melakukan
refleksi. (Fase 6)
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan Awal
a.
Mahasiswa dan Dosen bertanya jawab
tentang tugas rumah penilaian pada instrumen kedua dan ketiga (Fase 1)
b.
Mahasiswa diminta membentuk kelompok
seperti pertemuan sebelumnya. (Fase1)
2. Kegiatan Inti
a.
Dosen memeriksa secara sekilas hasil
pekerjaan rumah mahasiswa dan dosen menanyakan kesulita-kesulitan yang ditemui
saat melakukan pemberian alasan, penilaian/penyimpulan. Selanjutnya, Dosen
memberikan tanggapan secara umum apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki.
(Fase 4)
c.
Mahasiswa memperbaiki hasil
penilaian berdasarkan komentar Dosen. (Fase 4)
d.
Mahasiswa menarasikan alasan pemberian penilaian. (Fase 4)
e.
Mahasiswa menarasikan penyimpulan yang sudah dibuat dan
menarasikan kesimpulan keseluruhan dari ketiga instrumen. (Fase 5)
f.
Kelompok mahasiswa secara bergantian
menarasikan hasil penyimpulan tersebut. (Fase 5)
g.
Dosen dan mahasiswa membicarakan kelebihan
dan kekurangan dari buku teks yang sudah di nilai. (Fase 5)
3. Kegiatan Akhir
a.
Dosen bersama mahasiswa merayakan
keberhasilan kelompok dengan meneriakkan motto kelompok. (Fase 6)
b.
Dosen memberikan tugas individual untuk
materi/tugas selanjutnya. (Fase 6)
c.
Dosen memimpin refleksi dengan
menyimpulkan materi, menyimpulkan pembelajaran, dan menanyakan kesan mahasiswa
tentang pembelajaran hari itu. (Fase 6)
Surabaya,
28 November 2012
Mengetahui,
Dosen
Pamong Dosen Mata Pelajaran,
Prof. Dr. Bambang Yulianto, M. Pd Agus
Paramuriyanto, S. Pd.
NIP. 1960 07051987 031003 NIM. 117
835 008
INSTRUMEN
Soal/Pertanyaan Latihan
Kerjakan tugas berikut!
1.
Nilailah buku teks yang sudah
ditentukan!
2.
Narasikan alasan penilaian yang
sudah dilakukan!
3.
Suntinglah tulisanmu berdasarkan
hasil penilaian temanmu, Dosen, dan berdasarkan pendapatmu!
Rubrik penilaian
Pedoman Penskoran untuk
soal/perintah no.1
1.
Nilailah buku teks yang sudah ditentukan!
:
Kegiatan
|
Skor
|
1. penilaian
dilakukan dengan prinsip berikut:
|
|
a. kelengkapan
kriteria penilaian
|
1
|
b.
menyebutkan identitas buku
|
1
|
c. menggunakan kalimat efektif
|
1
|
d.
menggunakan kalimat yang tidak ambigu
|
1
|
e. sistematika penulisan tepat
|
1
|
f. format penulisan tepat
|
1
|
2. tidak melakukan penilaian
|
0
|
Jumlah Skor Maksimum
|
6
|
Pedoman Penskoran untuk soal/perintah
no.2
2. Narasikan alasan penilaian yang sudah dilakukan!
Rubrik penilaian teks berita
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor maksimum
|
1
|
Kelengkapan isi
|
1.
Isi kriteria
lengkap
2.
Isi kriteria
mendekati lengkap
3.
Isi kriteria
tidak lengkap
|
3
2
1
|
3
|
2
|
Kesesuaian isi
|
1.
Semua
tulisan sesuai dengan data
2.
Sebagian
kecil data tidak sesuai dengan tulisan
3.
Sebagian
besar data tidak sesuai dengan tulisan
4.
Semua
data tidak sesuai data dengan tulisan
|
3
2
1
0
|
3
|
3
|
Sistematika
|
1.
Urut-urutan
sesuai
2.
Urut-urutan
tidak sesuai
|
1
0
|
2
|
4
|
Penggunaan ejaan dan tanda baca
|
1.
Tidak
ada kesalahan berbahasa
2.
Terdapat
sedikit kesalahan berbahasa
3.
Terdapat
50 % kesalahan berbahasa
4.
Sebagian
besar terdapat kesalahan berbahasa
5.
Kesalahan
berbahasa hampir semuanya
|
4
3
2
1
0
|
4
|
Jumlah Skor Maksimum
|
12
|
Pedoman Penskoran untuk
soal/perintah no.3
3. Suntinglah tulisanmu
berdasarkan hasil penilaian temanmu, Dosen, dan berdasarkan pendapatmu!
No
|
Aspek
|
Deskriptor
|
Jumlah Yang Dibetulkan
|
Skor
|
1
|
Ejaan
|
Pembetulan ejaan
|
Semua kesalahan dibetulkan/ tidak
ada kesalahan
|
2
|
Sebagian kesalahan dibetulkan
|
1
|
|||
Kesalahan tidak dibetulkan
|
0
|
|||
2
|
Pilihan kata
|
Pembetulan pilihan kata
|
Semua kesalahan dibetulkan/ tidak
ada kesalahan
|
2
|
Sebagian kesalahan dibetulkan
|
1
|
|||
Kesalahan tidak dibetulkan
|
0
|
|||
3
|
Kalimat
|
Pembetulan kalimat
|
Semua kesalahan dibetulkan/ tidak
ada kesalahan
|
2
|
Sebagian kesalahan dibetulkan
|
1
|
|||
Kesalahan tidak dibetulkan
|
0
|
|||
Jumlah Skor Maksimum
|
6
|
Skor maksimum:
No. a = 6
No. b = 12
No. c = 6
Jumlah = 24
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai
berikut:
1. Prosedur (a + c) diberi bobot 20 atau 30 %
Perolehan
Skor
|
||||||
Nilai =
|
-----------------------
Skor Maksimum (12)
|
X
|
Skor
Ideal (100)
|
X
|
Bobot
(20/30%)
|
= ....
|
2. Produk
(b) diberi bobot 80 atau 70 %
Perolehan
Skor
|
||||||
Nilai =
|
------------------------
Skor Maksimum (12)
|
X
|
Skor
Ideal (100)
|
X
|
Bobot
(20/30%)
|
= ....
|
3. Nilai akhir = nilai prosedur +
nilai produk
Nama : Agus Paramuriyanto
NIM : 117 835 008
LEMBAR PENILAIAN RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Berikan skor pada
butir-butir rencana pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada
kolom skor (1, 2, 3, dan 4) sesuai
dengan kriteria berikut!
1= kurang baik
2= cukup baik
3= baik
4= sangat baik
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Kejelasan
perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan
mengandung perilaku hasil belajar)
|
1 2
3 4
|
2
|
Pemilihan materi
ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik mahasiswa)
|
1 2 3 4
|
3
|
Pengorganisasian
materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi
waktu)
|
1 2 3 4
|
4
|
Pemilihan
sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik mahasiswa)
|
1 2 3 4
|
5
|
Kejelasan
skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan pembelajaran: awal, inti, dan
penutup)
|
1 2 3 4
|
6
|
Kerincian
skenario pembelajaran (pada setiap langkah tecermin strategi/metode dan
alokasi waktu pada setiap tahap)
|
1 2 3 4
|
7
|
Kesesuaian teknik
dengan tujuan pembelajaran
|
1 2 3
4
|
8
|
Kelengkapan
instrumen penilaian (soal, kunci, dan pedoman penskoran)
|
1 2 3 4
|
Skor total
|
…….
|
Surabaya,
November 2012
Penilai,
Prof. Dr. Bambang
Yulianto, M. Pd.
NIP. 1960 07051987 031003
Nama : Agus Paramuriyanto
NIM : 117 835 008
LEMBAR PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Berikan skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan
cara melingkari angka pada kolom skor
(1, 2, 3, dan 4) sesuai dengan kriteria berikut!
1= kurang baik
2= cukup baik
3= baik
4= sangat baik
No.
|
Indikator/Aspek yang Diamati
|
Skor
|
I. Prapembelajaran
|
||
1
|
Memersiapkan
mahasiswa untuk belajar
|
1 2 3
4
|
2
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
1 2 3 4
|
II. Kegiatan Inti Pembelajaran
|
||
A. Penguasaan Materi Pembelajaran
|
||
3
|
Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran
|
1 2 3
4
|
4
|
Mengaitkan materi
dengan pengetahuan lain yang relevan
|
1 2 3 4
|
5
|
Menyampaikan
materi dengan jelas sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik
mahasiswa
|
1 2 3
4
|
6
|
Mengaitkan materi
dengan realitas kehidupan
|
1 2 3 4
|
B. Pendekatan/Strategi Pembelajaran
|
||
7
|
Melaksanaakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik mahasiswa
|
1 2 3
4
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
1 2 3 4
|
9
|
Menguasai kelas
|
1 2 3
4
|
10
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
1 2 3 4
|
11
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
1 2 3
4
|
12
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
1 2 3 4
|
C. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media Pembelajaran
|
||
13
|
Menggunakan media
secara efektif dan efisien
|
1 2 3
4
|
14
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
1 2 3 4
|
15
|
Melibatkan
mahasiswa dalam pemanfaatan media
|
1 2 3
4
|
D. Pembelajaran yang Memicu dan Memelihara Keterlibatan
Mahasiswa
|
||
16
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran
|
1 2 3
4
|
17
|
Menunjukkan sikap
terbuka terhadap respons mahasiswa
|
1 2 3 4
|
18
|
Menumbuhkan
keceriaan dan keantusiasan mahasiswa dalam belajar
|
1 2 3
4
|
E. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
||
19
|
Memantau kemajuan
belajar selama proses pembelajaran
|
1 2 3
4
|
20
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
1 2 3 4
|
F. Penggunaan Bahasa
|
||
21
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
|
1 2 3
4
|
22
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
1 2 3 4
|
III. Penutup
|
||
23
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan mahasiswa
|
1 2 3
4
|
24
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bagian
remidi/pengayaan
|
1 2 3 4
|
Skor total
|
…….
|
Surabaya, November 2012
Penilai,
Prof.
Dr. Bambang Yulianto, M. Pd.
NIP. 1960 07051987 031003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar